KISI-KISI BAHASA JAWA PAS GASAL KELAS X
No
|
Kompetensi Inti
|
KompetensiDasar
|
Materi
|
Indikator butir soal
|
|
1
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
|
Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur.
|
guru
gatra,
guru lagu, dan guru wilangan
|
1.
SiswamengingatpenciptaseratWedhatama
2.
Siswa mengingat pengertian guru gatra, guru wilangan, lan guru lagu
3.
Siswa menentukan pathokan tembang macapat pangkur
4.
SiswamenentukanmaknatembangPangkur
5.
Siswa menjelaskan arti serat wedhatama
|
|
2
|
Menanggapi isi Serat Wedhatama pupuh Pangkur,
|
Tembang macapat pangkur (serat Wedhatama Pupuh Pangkur)
|
1.
Siswa menentukan nilai
moral seratwedhatamapupuhpangkur
2.
Siswa menentukan nilaireligiseratwedhatamapupuhpangkur
3.
Siswa menentukan nilaikulturalseratwedhatamapupuhpangkur
|
||
3
|
Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
|
Menanggapi isi Serat Wedhatama pupuh Pangkur,
|
Teknik penulisan tembang Pangkur
|
1.
Siswa mengetahui teknik menulis tembang macapat
2.
Siswa menentukan tema tembang macapat
|
|
4
|
Menyajikan tembang Panggkur lisan maupun tulisan.
|
Teknik nembang macapat
|
1.
Siswa memahami tentang titi laras
|
||
5
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual
|
Menelaah teks crita cekak.
|
Ciri-ciri crita
cekak
|
1.
Siswa memahami pengertian cerkak
2.
Siswa mengetahui ciri-ciri cerkak
|
|
6
|
Menelaah teks crita cekak.
|
Contoh cerkak
|
1.
Siswa menentukan tema cerkak
2.
Siswa menentukan paraga lan watak
3.
Siswa menentukan latar/setting
4.
Siswa menentukan konflik
5.
Siswa menentukan amanat
|
||
7
|
Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
|
Menulis dan
menyajikan sinopsis crita cekak.
|
Contoh cerkak
|
1.
Siswa memahami pengertian sinopsis
|
|
8
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual
|
Menelaah teks pawarta.
|
Contoh teks
pawarta
|
1.
Siswa mengingat pengertianberitamenurutsalahsatuahli
2.
Siswa menganalisis unsurberita
3.
Siswa menganalisis unsurwho, what
4.
Siswa menentukan pokok-pokok isi pawarta
|
|
9
|
Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
|
Menanggapi, menulis, dan menyajikan teks pawarta
|
Teknik menulis
pawarta
|
1.
Siswa memahami teknik menulis teks pawarta
2.
Siswa menentukan yang termasuk ngoko alus
3.
Siswa mengganti ngoko menjadi krama alus
4.
Siswa memahami teknik menyajikan teks pawarta
|
|
10
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual
|
Menelaah teks deskriptif tentang rumah adat Jawa.
|
Perangan-pera ngan
rumah adat Jawa (Joglo)
|
1. Siswa memahami
perangan-perangan rumah adat Jawa Joglo lewat sketsa (dalem agung)
2. Siswa memahami
perangan-perangan rumah adat Jawa Joglo lewat sketsa (gandhok/pawon)
3. Siswa memahami makna filosofis
teras/pendhapa
4. Siswa memahami makna filosofis senthong/krobongan
5. Siswa memahami makna filosofis
dalem agung
|
|
11
|
Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
|
Menanggapi dan menceritakan kembali isi teks deskriptif tentang rumah adat Jawa.
|
Wacana deskripsi
rumah adat Jawa Joglo
|
1.
Menemukan
pokok-pokok isi teks deskriptif rumah adat Jawa
2.
Menemukan
pokok-pokok isi teks deskriptif rumah adat Jawa
|
|
12
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual
Tambahan materi : a. Serat Wedhatama iku kaanggit dening KGPAA Sri Mangkunegara IV b. Pawarta miturut para ahli
- Douglas Wood Miller,
- James M Neal
- Clarence Hach lan Earl English
|
Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa dalam
2 (dua) paragraf
|
Panyigeg, sandangan
|
1. Siswa mengenal sandhangan panyigeg
2. Siswa mengalih aksarakan dari tulisan Jawa ke latin
3. Siswa mengalih aksarakan dari tulisan latin ke Jawa
|
Komentar
Posting Komentar