KISI-KISI BAHASA JAWA UAS GASAL KELAS XII
|
|
Kompetensi/Sub
Komptensi (K/SK)
|
|
|
|
|
No
|
Standar Kompetensi/Komptensi Dasar
|
Uraian
Materi
|
Indikator
|
|
|
|
(SK/KD)
|
|
|
|
|
(A1)
|
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam
berbagai ragam bahasa Jawa
|
|||
|
1
|
Mendengarkan sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa
yang disampaikan secara langsung atau dalam bentuk rekaman
|
|
Sambutan pasrah dan panampi
pengantin
|
Siswa mampu menjelaskan teknik pidhato
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menjelaskan pengertian sesorah
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menjelaskan pengertian kata-kata dalam
upacara penganten (palakrama)
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menjelaskan urut-urutan upacara penganten
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menjelaskan kata-kata di dalam pidato
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menjelaskan pranatacara
|
|
(A2)
|
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan
perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan
berbagai ragam dan unggah-ungguh
bahasa Jawa
|
|||
|
1
|
Menyampaikan sambutan dalam
bentuk pasrah penganten, panampi pasrah
penganten dalam upacara adat pengantin Jawa
|
|
Teks sambutan pasrah penganten dan panampi pasrah penganten, Unggah-ungguh
basa
|
Siswa mampu menentukan bagian-bagian pidato
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menjelaskan urut-urutan pidato pasrah
penganten
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menjelaskan sikap saat pidato/sesorah
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menjelaskan isi pidato pasrah penganten dan panampi
pasrah penganten
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menerapkan unggah-ungguh basa
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu
menulis pembuka pidato pasrah penganten
|
|
2
|
Mendiskusikan tentang pitutur luhur yang terkandung dalam
cerita wayang
|
|
Teks cerita wayang
|
Menjawab pertanyaan tentang cerita wayang dengan
pilihan kata yang sesuai
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis wayang dan daerah
asalnya
|
|
|
|
|
|
Siswa mampu menjelaskan ubarampe dalam pagelaran wayang
|
|
(A3)
|
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf
Latin maupun Jawa dengan berbagai
keterampilan dan teknik membaca
|
|
||
|
1
|
Membaca nyaring wacana berhuruf Jawa 20 – 25 kalimat
|
|
Teks bacaan berhuruf Jawa
|
Disajikan kalimat berhuruf jawa siswa dapat menentukan
kalimat latinnya
|
|
|
|
|
|
Disajikan kalimat berhuruf latin siswa dapat menentukan
kalimat Jawanya
|
|
(A4)
|
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan
perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra mengguna-kan
berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh
dan menulis dengan huruf Jawa
|
|||
|
1
|
Menulis artikel tentang budaya Jawa
|
Metode
penulisan dan artikel budaya Jawa
|
Siswa mampu menjelaskan teori dalam artikel ilmiah
|
|
|
2
|
Menulis naskah drama/
sandiwara
|
|
Prinsip penulisan skenario dan
naskah drama/ sandiwara
|
Siswa mampu menjelaskan tentang unsur-unsur dalam
sandiwara
|
Komentar
Posting Komentar